Minggu, 16 Desember 2018

Mencetak Output Pada PHP, Echo VS Print


PHP Menyediakan beberapa fungsi string untuk mencetak output ke browser, dua di antaranya yang sering digunakan adalah print() dan echo().

Kedua fungsi string ini sebenarnya bukan fungsi riil, tapi suatu konstruksi bahasa, meskipunn secara garis besar print() dan echo() memiliki tujuan yang sama, akan tetapi ada ada beberapa perbedaan yang perlu di perhatikan.

Fungsi print() berperilaku seperti fungsi pada umumnya dan memiliki nilai kembalian (return value) berupa integer 1, dengan demikikan print() dapat digunakan sebagai bagian dari expresi yang lebih kompleks. Sementara itu, echo() mampu menerima lebih dari satu parameter sekaligus, dan tidak memiliki nilai kembalian.

Fungsi string echo() akan di eksekusi lebih cepat dibanding dengan print(). Perbedaan ini disebabkan fungsi print() akan mengembalikan status (integer) yang menyatakan apakah proses berhasil dilakasanakan atau tidak.

Di sisi lain, echo() hanya menampilkan output saja dab tidak mengerjakan apa-apa lagi, Adapun dalam implementasinya, status nilai kembalian dari penggunaan fungsi string hampir tidak pernah di lakukan.

Untuk lebih jelasnya download contoh Mencetak Output di PHP comot disni.

Load comments