Minggu, 26 Juni 2016

5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer

5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer- nah hai temen-temen pada kesempatan kali ini saya kan bercerita tentang 5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer. ada beberapa fakta yang mungkin baik di mata saya untuk melakukan partisi hardisk jika di lakukan dengan benar.

Tapi di kesempatan ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana melakukan partisi tersebut, akan tetapi fokus pada 5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer.

Temen-temen semua pasti sudah sering melakukan kegiatan ini, melakukan partisi hardisk di laptop ataupun komputer kesayangnya untuk membuat tempat penyimpanan pribadi :-D, ataupun akan menginstall OS yang baru.

tapi sebelum saya lanjut ke topik utama, saya akan menjelaskan sedikit tentang partisi hardisk itu sendiri. nah berikut penjelasanya.

apa itu partisi hardisk?
Partisi adalah pengaturan data pada harddisk. Atau bisa juga proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk,
kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi.

Harddisk agar bisa digunakan secara optimal, harddisk harus dipartisi dan diberi File System (Jenis ruangan pada hardisk). File System pada harddisk berbeda-beda jenis dan kegunaannya. Seperti jenis File System NTFS, FAT 32, EXT 3, dan lain-lain.


Nah, masih mengenai partisi hardisk ni temen-temen ada 3 tipe partisi hardisk yang pasti sering kita jumpai di dalam komputer kita.

Tipe-tipe Partisi hardisk.
  1. Partisi Primary, merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data. Fungsi dari partisi primary ini juga sebagai partisi yang pertama diakses komputer untuk booting. Jadi, intinya partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk booting sistem operasi tersebut. Bisa dibilang data dari sistem operasi tersebut disimpan disini.
  2. Partisi Extended, partisi ini juga merupakan partisi utama pada harddisk. Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.
  3. Partisi Logical, merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data. Nah, ini contohnya drive dan seterusnya pada Windows. Jadi, partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.
Nah di atas, adalah pengertian dan 3 tipe partisi hardisk semoga temen-temen semua mengerti. nah berikutnya kita akan membahas ke topik utama.



Topik utamanya adalah 5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer dan Berikut ini adalah 5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer:
  1. Memisahkan antara file-file sistem operasi dan Data atau dokumen. Meski bisa saja menjadi satu, tetapi dengan dipisahkan akan lebih aman dan mudah pengaturannya.
  2. Sebagai tempat Virtual Memory untuk Sistem operasi. Seperti misalnya pada Linux Menjaga agar lokasi program yang digunakan atau data saling berdekatan. Hal ini selain mempercepat eksekusi program juga lebih efisien.
  3. Digunakan untuk booting atau menjalankan Sistem Operasi lebih dari satu, misalnya Windows XP, Windowx 7, Linux, Mac OS X dan lainnya.
  4. Melindungi atau memisahkan file-file untuk mempermudah recovery data ketika sistem rusak. Karena jika satu partisi rusak, partisi lain tidak akan terpengaruh sehingga data masih bisa di selamatkan.
  5. Meningkatkan keseluruhan performa (kinerja) komputer pada sistem yang disana file system kecil lebih efisien. Misalnya pada tipe File system NTFS ( Yang merupakan tipe File System Windows), ukuran Hardisk yang besar akan mempunyai Master File Table (MFT) yang lebih besar sehingga waktu akses juga lebih lama dibanding MFT yang lebih kecil.
dengan manfaat seperti di atas, pasti semua Computer teman-teman memiliki 2 partisi atau lebih di dalam hardisknya.

Nah sekian  artikel 5 fakta manfaat melakukan partisi Hardisk Computer  semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.
By2.. :-)

Load comments