SQLite Databse yang bersifat ACID.

12:36:00 PM



Ciwer.id-Assalamualaikum ,, hei browsis,, ane kembali update artikel lagi, ni, terlepas ane uda selesai masa ujian jadi banyak waktu kosong untuk ane update artikel.

oia guys, uda pada tau kan SQLite, ,ya jelas uda dong, nah kesempatan ini ane mengulas kembali tentang Database SQLite.

SQLite Merupakan Sebuah sistem manajemen basisdata relasional yang bersifat ACID-compliant dan memiliki ukuran pustaka kode yang relatif kecil, ditulis dalam bahasa C. SQLite merupakan proyek yang bersifat public domain yang dikerjakan oleh D. Richard.

SQLite ,seperti yang bercetak miring diatas adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang dirancang untuk mengatur/memanajemen sebuah basis data sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya.

Sedangkan Maksud dari ACID adalah Dalam ilmu komputer , ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability) adalah seperangkat sifat yang menjamin bahwa database transaksi diproses andal.

Dalam konteks database , operasi logis tunggal data disebut transaksi. Sebagai contoh, transfer dana dari satu rekening bank ke bank lain, bahkan melibatkan beberapa perubahan seperti mendebet satu account dan mengkredit lain, adalah satu transaksi.

beberapa produk menggunkan database SQlite seperti PHP, Firefox, Chrome, iPhone dan Android adalah contoh produk yang menggunakan SQlite.

Sejarah SQlite
2000 - D. Richard Hipp telah dirancang SQLite untuk keperluan administrasi tidak diperlukan untuk mengoperasikan program.

2000 -- di bulan Agustus SQLite 1.0 dirilis dengan manajer Database GNU.

2011 -- Hipp mengumumkan untuk menambahkan UNQl antar muka SQLite DB dan mengembangkan UNQLite (dokumen berorientasi database).

Berikut ini adalah perintah Query SQLite atau perintah dasar :
Perintah SQLite standar untuk berinteraksi dengan database relasional sama seperti SQL. Mereka adalah membuat, SELECT, INSERT, UPDATE, Hapus dan DROP. Perintah ini dapat digolongkan ke dalam kelompok berdasarkan sifatnya operasional: DDL, DML, DQL.

Kemudian untuk mendapatkan file intaller nya, sobat bisa menuju url berikut ini Download SQlite. dan sesuaikan dengan OS Masing-masing.

Ok sobat, nah sekian dulu ya,, Tunggu artikel berikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »