Kamis, 12 Mei 2016

Tokoh Dalam Sejarah Perkembangan Komputer

Tokoh Dalam Sejarah Perkembangan Komputer-ook sob,kemarin saya uda post tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi,dalam perkembangan sejarah komputer ini terdapat beberapa tokoh yang berperan penting di dalamnya ,ok sobat berikut adalah tokoh yang berperan di dalam sejarah perkembngan komputer.


1. Charles Babbage ,Seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun 1791. Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine. Di kenal dengan sebuatan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytical Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu:
Alat masukan (input device).
Tempat penyimpanan data yang akan diproses.
Alat pemrosesan.
Unit pengontrol pengolahan
Alat keluaran (output device)


2. Ada Augusta Byron
Dikenal sebagai programmer pertama (First Computer Programmer) karena membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine.

3.Herman Hollerith
Tahun 1886 membuat Tabulating Machine yang digunakan untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890 dengan cepat. Tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company dan tahun 1924 melakukan merger dengan dua perusahaan lain dan membentuk International Business Machines Corporation - IBM Co.

4.Thomas Watson
Pada tahun 1924 – 1956, memimpin International Business Machines (IBM) dan berhasil membawa IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah data dan mulai menjadi pengembang komputer ternama. Sejak tahun 1981, IBM memasuki bisnis komputer mikro dengan memperkenalkan IBM PC.

5. Bob Noyce dan Gordon Moore
Tahun 1968 mendirikan Intel dan tahun 1971 memperkenalkan microprocessor pertama (4004).

6. Steven Jobs dan Steve Wozniak
Tahun 1976 memperkenalkan Apple I, yaitu komputer pertama dengan keyboard dan layar. Membentuk perusahaan Apple Computer Inc. dan mengembangkan Apple II. Perusahaan Apple pertama kali mengembangkan penggunaan mouse pada personal computer-nya di tahun 1983.

7. Bill Gates dan Paul Allen
Sebagai pendiri perusahaan Microsoft. Tahun 1980 IBM memilih Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi bagi IBM PC dan hasilnya adalah sistem operasi yang dikenal dengan nama MS-DOS. Tahun 1990 perusahaan Microsoft mendominasi pasar perangkat lunak (software) dengan semakin luasnya penggunaan sistem operasi Microsoft Windows dengan berbagai program aplikasi untuk keperluan bisnis, teknik, pendidikan, dan pribadi.

8. Richard Stallman
Tahun 1984 mengawali proyek GNU (GNU’s Not Unix), yaitu sistem operasi mirip Unix yang bersifat free software. Tahun 1985 mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software.

9. Linus Torvalds
Tahun 1991 mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian disebarluaskan secara Open Source. Sistem operasi Linux banyak diaplikasikan untuk server pada sistem jaringan.

Nah itu lah tokoh,yang berperan di dalam sejarah perkembangan komputer,versi ciwer.id semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang sudah mampir ke blog ciwer.id ini.. terimakasih,,,
happy bogger.....

Load comments