Rabu, 11 Mei 2016

Sejarah Komputer

        Sejarah Komputer-komputer siapa yang tidak kenal dengan komputer,nama komputer sudah tidak asing lagi di dengar telinga di tahun modern ini,yah komputer ,berkembang dengan begitu cepat,dari awal di buatnya hingga zaman modern sekarang ini,yah yang sudah bnyak kita ketahui komputer adalah barang mewah canggih yang selalu dapat membantu pekerjaan kita,contoh jika kita ingin menghitung data dengan jutaan ataw pun milyran data,kita mudah melakukan perhitungan hanya dengan komputer,komputer zaman modern ini banyak bentuk varianya,dengan komputer,kita bisa mndegar file audio,mengedit gambar,membuat animasi,melakukan komunikasi,menjelajahi dunia WWW ,agar kita tidak ketinggalan dengan perkembngan teknologi komputer maka dari itu kita harus mengenal ataupun mempelajari sejarah komputer dari sedini mungkin,


Sejarah Komputer














kapan komputer pertama kali di buat?
Dan bagaimana sejarah perkembangan komputer hinga mencapai zaman modern ini,?
 Nah sob,kali ini saya akan menulis nya untuk sobat semoga sobat senang membacanya,,
 Happy Reading ..

Sejarah Komputer Generasi I-V
   Asal Komputer,tidak lepas dari kebutuhan manusia untuk mempermudah manusi untuk mengetahui berapa hasil dari sebuah perhitungan,mulai dari perhitungan yang mudah sederhana hingga susah dan sangat rumit dengan cepat dan tepat.manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengolah data yang lebih baik. Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia (Periode Manual Tahun 1000 SM - 1641 M), kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan tangan (Periode Mekanis 1642-1885). Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik (Periode Elektromekanis 1886 - 1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (Periode Elektronik 1946 - sekarang).

pada peride elektronik inilah kita mulai memasuki generasi komputer sob,nah berikut sejarah komputer yang harus kita ketahui :

Generasi I

          Sejarah komputer generasi pertama ini mulai pertama hadir padaa tahun 1946-1956.ciri-ciri yang di miliki komputer generasi pertama adalah:

  • sirkuit yang di miliki komputer generasi pertama menggunakan tabung hampa udara (vacum tubes).
  • ukuran fisik komputer generasi pertama sangat besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang sangat banyak.
  • komputer generasi pertama mempunyai media penyimpanan berupa magnetik tape,atau magnetik drum.
    komputer generasi pertama hanya dapat di keendalikan oleh bahasa mesin,, atau machine language.
 Di atas merupakan ciri-ciri yang di miliki oleh komputer generasi pertama,, berikut contoh komputer generasi pertama:
  1. ENIAC [Electronik Numeric Integrator And Computer]
    ENIAC sendiri di kembangkan pada tahun 1946 oleh john W. Mauchly dan J.Presper Eckert dari universitas pennsylvania dan merupakan First general Purpose Electronic Computer.
  2. UNIVAC [Universal Automatic Computer]
    UNIVAC sendiri sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya.UNIVAC merupakan komputer pertama komersial pertama yang di pakai oleh biro sensus Amerika Serikat yang di gunakan dalam mnghitung sensus penduduk dan merupakan komputer permata di dunia yang di buat untuk tujuan bisnis.
  3. IBM 701 dan IBM650
    IBM 701 dan IBM650 yang sudah merupakan komputer komersial berukuran besar.Yang media penyimpananya luarnya menggunakan magnetik drum.
Generasi II

        Sejarah Komputer generasi kedua ini mulai terkenal populer pada awal tahun 1960.Ciri-ciri yang di miliki oleh komputer generasi ke kedua ini adalh:
  • komputer generasi kedua sirkuit yang di gunakan menggunkan transitor,transitor sendiri di kembangkan oleh Bell laboratories pada tahun 1947.
  • komputer generasi kedua bentuk fisik lebih kecil,kinerja cepat dapat di andalkan,dan hemat dalam penggunaan sumber daya energi listrik di banding komputer generasi pertama.
  • komputer generasi kedua menggunkan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
contoh komputer generasi kedua ini adalah IBM 1401,dan sejak tahun 1965 sebagian besar bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mngelolah informasi keuangan.

Generasi III

      Berikut ini adalah Contoh komputer generasi ke III :
  1. IBM S/360
    Komputer IBM S/360 Di rancang untuk tujuan bisnis dan teknik
  2. GE 600 dan GE 235
    komputer GE 600 dan GE 235 di keluarkan oleh General Electric.
  3. NCR Century
    koputer NCR Century di keluarkan oleh National Cash Register.
Genrasi IV

      sejarah komputer generasi Ke IV tahun 1971 ciri-ciri Komputer generasi ke IV ini adalh sebagai berikut:
  •  Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080).
  • Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
Dan berikut ini adalah contoh komputer generasi IV :
  1. Apple II
    Komputer Apple II ini  dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak.
  2. IBM PC
    IBM PC dengan kompatibelnya yang diproduksi massal oleh berbagai perusahaan sehingga komputer micro memasyarakat hingga saat ini. IBM PC terus berkembang mulai dari IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PC/386, IBM PC/486 menggunakan microprocessor intel 8088, 80286, 80386, 80486, selanjutnya menjadi seri Intel Pentium. Yang memproduksi microprocessor selain perusahaan Intel, ada juga perusahaan AMD (Advanced Micro Devices). 
 Generasi V
Komputer Generasi V Di kembangkan Sejak tahun 1985,berikut ini adalah ciri-ciri utama komputer generasi V :
  • idirikanya ICOT (Institute for new Computer Technology) di jepang,untuk mengembangkan komputer generasi ke V ,untuk menciptkan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).
nah Sob, berikut adalah GambarGambar Komputer Dari Generasi I-V :

Komputer Generasi I :ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer).



Komputer Generasi I :UNIVAC (Universal Automatic Computer).



 Komputer Generasi I :IBM 701 dan IBM650.


Komputer Generasi II : IBM 1401.


Koomputer Generasi III : IBM S/360.


 Komputer Generasi III :GE 600 dan GE 235.


Komputer Generasi III:NCR Century

Komputer Generasi IV : Applle II


Komputer Generasi IV : IBM PC


Nah Sob,sekian ulasan tentang sejarah komputer,awal di mulainya dari generasi ke generasi,semoga artikel ini membantu sobat semua yang sudah mampir dan membaca, ,dan tentunya bermanfaat...
Happy Blogger...

Load comments