Rabu, 25 Mei 2016

Macam-Macam Jaringan Komputer.

Jaringan Komputer dapat di bedakan berdasarkan ruang lingkup jaringan,Topologi,berdasarkan fungsi dan berdasarkan media penghantar jaringan komputer tersbut.Berikut Penjelasan masing2nya..

Berdasarkan Ruang Lingkup.
       Ruang lingkup yang di maksud di sini adalah seberapa banyak dan seberapa besar jaringan komputer tersebut akan di bangun.jaringan komputer berdasarkan ruang lingkupnya dapat di bedakan jadi beberapa yaitu:


1. LAN (Local Area Network),Merupaka jaringan komputer yang di
bangun di ruang lingkup kecil sebuah perkantoran, sekolah,rumah,atau institusi tertentu. Dengan kata lain, jenis jaringan ini hanya dapat menghubungkan komputer-komputer yang berada di satu tempat (terbatas) yang berjarak tidak lebih dari 1 KM.



2. MAN (Metro Politan Area Network),Seperti Namanya, jaringan komputer ini di bangun untuk kebutuhan ruang lingkup yang besar,bisa mencakup satu kota. sekolah/perusahaan tertentu mempunyai sebuah LAN pada area sekolah/ perusahaanya, kemudian beberapa sekolah/perusahaan dalam kota tersebut dapat saling terhubung dan membentuk ebuah MAN.beberapa kota dengan MAN dapat terhubung untuk sebuah WAN.



3. WAN (Wide Area Network) Merupakan jaringan komputer dengan cakupan area yang lebih luas dari LAN dan MAN ,dan biasanya akan menghubungkan beberapa kesatuan jaringan komputer yang lebih banyak.Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya,koneksi antar jaringan dengan cakupan yang luas terssebut akan mempermudahkan kita untuk berbagi sumber daya yang ada sehingga pross berbagai antar komputer/jaringan dapat di lakukan secara lintas daerah, kota, negara, bahakan benua.


Berdasarkan Topologi.
Topologi yang di maksud adalah gambaran struktur jaringan komputer yang akan di buat.berikut macam-macam topologi jaringan.

1.Topologi bus. jenis topologi ini menghubungkan setiap komputer/node dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah card interface ,komputer.setiap komputer dapat dapat berhubungan dengan komputer lain yang ada di dalam jaringan tersebut.pada topologi ini ,kedua ujung kabel komunikasi harus di akhiri dengan terminator.kelebihan mengunakan topologi ini adalah kemudahan untuk menambah komputer client baru,kelemahanya adalah,ketika terjadi kerusakan utama inti,adalah seluruh jaringan terganggu.


2. Topologi Ring, Komputer-kompute dalam jenis topologi ini akan di hubungkan dengan sebuah kabel tunggal dan membentuk bagan seperti cincin.Pada jaringan ini tidak terdapat komputer pusat sehingga semua komputer mempunyai kedudukan yang sama.data yang akan di kirim akan melewati beberapa simpul yang ada sampai pada simpul yang di tuju.pada topologi ini,sistem keseluruhan akan terganggu ketika satu simpul/komputer mengalami gangguan.

3.Topologi Start,Dalam Jenis topologi ini,beberapa komputer akan di hubungkan dengan satu pusat komputer sehingga semua kontrol berbagai sumber daya (resources) dalam jaringan yang di perlukan juga akan di pusatkan pada satu titik.ketika komputer client akan mengirimkan data ke komputer lainya,,harus melalui,komputer pusat terlebih dahulu,dalam topologi ini jika komputer pusat mengalami gangguan,maka semua komputer client juga akan terganggu.




4.Topologi Mesh,jaringan dengan jenis topologi ini mempunyai jalur ganda pada setiap node jaringan.semakin banyak jumplah komputer semakin sulit pemasangan kabel-kabelnya,pemasang kabel akan berlipat ganda.keuntungan menggunakan topologi ini  adalah mampu menampung banyak pengguna aktif.


5.Topologi pohon,Topologi jenis ini merupakan kombinasi antara topologi bintang dan topologi bus.topologi ini terdiri atas kumpulan topologi bintang yang di hubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone.kelebihan penggunaan topologi jenis ini adalah dapat terbentuk suatu kelompok baru yang di butuhkan.kelemahanya adalah ketika simpul yang lebih tinggi tidak berfungsi, simpul yang ada di bawahnya juga tidak akan berfungsi dengan baik.



Berdasarkan Fungsi.
Berdasarkan fungsi,dapat di bedakan menjadi dua,yaitu,,

1.Jaringan client server (client-server),pada jaringan ini terdapat satu komputer yang di pisahkan sebagai komputer server yang akan melayani komputer lainya yang berfungsi sebagai client.


2.Jaringan Peer-to-peer.
pada jaringan ini ssebuah komputer lasung di hubungkan ke komputer lainya dan dapat saling berbagi pakai sumber daya (perangkat keras dan perangkat lunak) pada masing-masing komputer.

Berdasarkan Media Penghantar.
Berdasarkan media penghantar,jaringan komputer dapat di bedakan menjadi dua yaitu,media kabel dan nirkabel,berikut penjelasnya,
Menggunkaan media kabel(wired networking),jaringan ini menggunakan media kabel sebagai media penghantarnya,data akan melalui kabel,kabel yang di gunkan  bisa berbahan tembaga,atau serat optic(fiber optic),bahan tembaga biasanya di gunakan untuk jaringan LAN,sedangkan jenis jaringan MAN atau WAN biasanya menggnakan  gabungan antara kabel tembaga dan serat optic.,sedangkan yang nirkabel yaitu media penghantarnya adalah udara (wireless)jaringan komputer ini tidak menggunakan kabel,media penghantarnya menggunkan gelombang radio,Frekuensi yang di gunkan nya tinggi,yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz.

nah itu lah macam-macam jaringan komputer,semoga artikel ini bermanfaat..
Thank's...

Load comments